Powered By Blogger

Selasa, 11 Oktober 2011

PERILAKU KONSUMEN


ANALISIS SEGMENTASI PASAR
( Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur )



Dalam tulisan ini, saya akan membahas mengenai Analisis Segmentasi Pasar atau yang biasa kita kenal dengan penggolongan pasar di dalam 3 jenis perusahaan, yaitu :
1.      Perusahaan Jasa
2.      Perusahaan Dagang
3.      Perusahaan Manufaktur
Dalam menganalisis tiga jenis perusahaan tersebut, saya menggunakan beberapa pendekatan yang biasa digunakan untuk menganalisis segmentasi pasar, yakni pendekatan segmentasi  demografi dan pendekatan segmentasi geografis

A.     PENDEKATAN SEGMENTASI DEMOGRAFI
ð  Segmentasi yang membagi pasar menjadi grup – grup berdasarkan usia, jenis kelamin, besarnya anggota keluarga, tahap dalam daur hidup keluarga, pendidikan, pekerjaan, tingkat penghasilan dll.

a)         Perusahaan Jasa
PT KAI membuat gerbong atau kereta khusus wanita, gerbong ini membedakan atau meng khususkan penumpang dalam gerbong ini adalah yang berjenis kelamin wanita. hal ini di maksudkan untuk menghindari terjadinya tindak pelecehan seksual yang seringkali dialami penumpang kereta wanita





b)        Perusahaan Dagang

PT lotte mart wholesale, mengelompokkan barang – barang yang di jualnya berdasarkan beberapa kriteria, dalam hal ini salah satunya adalah berdasarkan jenis kelamin.
Contohnya:
-          Lotte mart menjual mainan anak – anak dengan mengelompokkan atau memisahkan antara mainan untuk anak laki – laki ( mobil – mobilan, robotan, pistol mainan dll ) dengan mainan anak perempuan ( boneka, rumah boneka, alat masak mainan dll )
c)         Perusahaan Manufaktur
PT Nestle Indonesia membuat segmentasi pasar dengan cara meluncurkan produk susu yang berbeda untuk usia yang berbeda, contohnya :
-          Dancow 1+ diperuntukkan untuk anak umur 1 tahun keatas
-          Dancow Nutrigold 3+ diperuntukkan untuk anak yang mulai memasuki pra- sekolah
-          Dancow 5+ diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun keatas.



B.      PENDEKATAN SEGMENTASI GEOGRAFIS
ð  Segmentasi yang membagi – bagi pasar ke dalam unit geografis yang berbeda. Contohnya: negara, regional, kota atau lingkungan.
a)         Perusahaan Jasa

PT Garuda Indonesia, membuat perbedaan jenis pesawat yang terbang dengan zona terbang ( rute terbang ) yang akan di lalui pesawat tersebut.
Contohnya:
-          Untuk melayani rute pendek antar kota di indonesia, PT Garuda Indonesia menggunakan pesawat dengan kapasitas kecil ( < 100 penumpang ). Jenis pesawat tersebut antara lain Embraer, Bombardier dan ATR.
Sedangkan, untuk melayani rute jauh luar negeri, PT Garuda Indonesia menggunakan pesawat dengan kapasitas besar ( > 100 penumpang ). Jenis pesawat yang digunakan antara lain tipe Boing 747-800
b)         Perusahaan Dagang

PT McDonald’s, membuat produk burgernya berbeda bahan komposisi dagingnya.
Contohnya:
-          Di negara – negara non muslim, McD membuat Hamburger yang menggunakan daging babi sebagai dagingnya.
Sedangkan di negara muslim, dalam hal ini Indonesia Mcd hanya mengeluarkan atau membuat Beef burger yang menggunakan komposisi daging sapi dan tidak menyertakan burger yang menggunakan daging babi.





c)        Perusahaan Manufaktur

PT Honda, membuat penyesuaian tipe mobil yang di jual dengan melihat pasar yang berkembang di negara tersebut.
Contohnya:
-          PT Honda meluncurkan varian mobil sport dua pintu, kebanyakkan untuk daerah eropa dan amerika.
Sedangkan, untuk di Indonesia sendiri PT Honda lebih cenderung meluncurkan varian mobil sedan empat pintu dan mobil keluarga dibandingkan varian mobil sport dua pintu. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap mobil sport dua pintu yang tergolong mahal ini hanya diminati kalangan tertentu saja.


 sumber :
pksm.mercubuana.ac.id/new/.../files.../94004-5-865021039437.doc
zumri-policeline.blogspot.com/2010/03/segmentasi-pasar.html
elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/.../bab4_segmentasi_pasar.pdf
www.scribd.com/doc/55740209/SEGMENTASI-PASAR