Powered By Blogger

Kamis, 26 Maret 2015

5 Tahun bersama Honda Absolute Revo... Kekurangan dan Kelebihan (based on true story)

Honda Absolute Revo
Honda Absolute Revo merupakan salah satu jenis motor bebek yang diperuntukkan memang khusus daerah perkotaan. Hal ini ditunjukkan dengan karakter mesin motor ini yang lebih menonjolkan akselerasi dibandingkan topspeed.

Pengalaman menggunakan honda revo absolute selama 5 tahun terakhir ini tergolong cukup puas.

Dari segi performa
Motor absolute revo ini memang didesain untuk pemakaian di perkotaan dan irit.
Jadi kalo absolute revo mau diajak lari diatas 100km/jam.. jangan harap bisa dengan kondisi standar.. mengingat tujuan motor ini dikeluarkan memang bukan untuk kelas motor yang digunakan untuk highspeed. Tetapi untuk akselerasi motor ini dapat dibilang galak (kalo mesin sehat hehe)
Motor revo keluaran 2010 yang admin gunakan terbilang lumayan irit dikelasnya
Untuk pemakaian Jakarta - Tangerang
PP 25ribu untuk 2hari (shell super Rp 8700)
Jarak 30km +/- (pp 60km)

Absolute Revo 2010

Dari segi perawatan
Motor ini tergolong tidak terlalu mahal untuk perawatannya.. selama jalan 5th tidak terlalu banyak part2 yang harus diganti..
Kira2 list part yang sudah diganti selama 5th ini sbb:

Bohlam depan (osram coolblue)
Kampas depan/belakang (ori)
Gear set (ori)
Rantai keteng
Spion (krn copot diparkiran)
Ban depan (irc 70/90)
Ban belakang (fdr 80/90)
Komstir
Shock belakang (supra x 125 showa)

Kira2 hanya itu selama jalan 5th ini yang admin ganti..

Kekurangan motor ini yang menurut admin memang bawaan lahirnya yaitu
1. Cat motor
Cat di abs revo ini kurang bagus bila dibandingkan dengan motor lain sekelasnya.. terutama yang sering terlihat dibagian batok lampu dan sayap bawah..
Malah terakhir ane liat di velg juga udh agak tergerus ckck
(Ane punya S**sh 2004 aja gak sampe ngelupas2 gitu catnya meskipun dulu dijemur terus semasa ane kuliah)

2.Rantai roda
Part ini memang agak kurang bagus, entah dari desain atau apa.. tp memang part bagian ini sering sekali kendor dan cepat aus (mungkin krn jarak tempuh ane tiap hari jauh)

3.Komstir
Part bagian ini kalo ane boleh kasih saran.. kalo sudah seringkali disetel ulang.. lebih baik diganti
Kemaren ane abis 110 (ganti komstir+ongkos)
Karena kesal permasalahan komstir gk selesai2 meskipun sudah disetel ulang.. (jadi yaa mau gk mau dh ganti)

Menurut ane itulah Si Absolute Revo 2010 yang nemenin ane selama ini
Buat ane motor ini cukup nyaman dipakai dan tidak banyak masalah berarti


Adios..

50 komentar:

  1. Gan.. keteng ganti di km brapa?
    Trus shock blakang supra sama revo emang beda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry baru bales gan..
      Kmaren ganti keteng di km 60rbuan..
      Beda gan.. punya revo lebih pendek shoknya dan lbh keras..
      Klo supra x 125.. lbh tinggi dan lbh soft gan..

      Hapus
    2. Oia kalo mau tau perlu ato gk ganti keteng.. dengerin aja di mesin bagian kiri.. kalo ada suara2 kasar gtu.. biasanya sh keteng hrs diganti..
      Ntar kalo udh dganti jd alus bgt th motor suaranya hehe.. jd syg gan buat geber2 itu motor

      Hapus
    3. Kalo boleh tau, keteng itu apa ya?

      Hapus
  2. ane jga make motor model itu gan malahan jarak tempuh ane sehari +-100 km dan buat minum tu motor ane abis 20rb sehari kendalanya mnurut ane emang do shock belakang.. keras gile.. selebihnya ok lah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi gan.. makanya ane gnti pake punya supra x 125.. jd agak empuk.. n lbh tinggi hehe..
      thx for comin bro ..

      Hapus
  3. Ass wr wb gan. Gan mau nanya. Memang bisa klw menggunakan shockbreaker supra x. .. Dijamin lbih nyaman tidak gan...beneran tidak salah . klw revo. Menggunakan shock supra .. Trimakasih . klw iya . pake type shock supra x yang maana ya.

    BalasHapus
  4. Ass wr wb gan. Gan mau nanya. Memang bisa klw menggunakan shockbreaker supra x. .. Dijamin lbih nyaman tidak gan...beneran tidak salah . klw revo. Menggunakan shock supra .. Trimakasih . klw iya . pake type shock supra x yang maana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam.. maaf baru bsa bales
      Bsa gan lgsung Pnp alias tinggal pasang..
      ane pake shok supra x 125 yg versi sblm helm in..
      bedanya gk trlalu trasa jauh.. cma posisi riding terasa lbh tinggi dan sedikit lbh empuk..
      Ane ngerasa lbh nyaman drpd merk aftermarket racing yg cenderung keras
      *berdasar pengalaman ane yaa
      thx for comin bro ....

      Hapus
  5. Menurut ane ini motor bukan untuk di kota.... justru pas buat di pedalaman, ngangkut/nglangsir sawit 200 - 300 kg kondisi naik turun (tentu modif gir, shock dan batang body). Mereka bilang keawetan mesin tidak ada yang ngalahin; mesin apapun selain revo abs 110 (non inheksi lho) pasti cepet ambrol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke juga tuh revonya gan.. akselerasi revo emg enak buat nanjak gan.. buat harian masih oke laah.. btw thx for comin gan

      Hapus
    2. Oke juga tuh revonya gan.. akselerasi revo emg enak buat nanjak gan.. buat harian masih oke laah.. btw thx for comin gan

      Hapus
  6. Punya saya revo masih pelek kaleng, mau ganti yang alloy.. Bisa pake yang bekas vario, beat atau scoopy gak ya? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane gk bsa gan.. beda dudukan.. krn jenis motornya juga udh beda.. tp mungkin tmen2 blog laen yg jago modif2 bsa ksh pencerahan.. btw thx for comin gan

      Hapus
    2. Setau ane gk bsa gan.. beda dudukan.. krn jenis motornya juga udh beda.. tp mungkin tmen2 blog laen yg jago modif2 bsa ksh pencerahan.. btw thx for comin gan

      Hapus
  7. Sore gan. Saya baru baca vlog agan dan alhamdulillah sangat membantu u/ berbagi pengalaman. Kebetulan saya juga pake absolute revo 2010 Februari yg non casting wheel. tp kebetulan skrg kondisinya sudah pake casting wheel dan ban tubeless dpn blkg. Sudah 6 thn ini sy pake mulai banyak minta jajan gan, trakhir ganti gear set sama kampas blkg plus karet teromolnya. Kalo berkenan u/ berbagi info, ada bbrp hal yg mau sy tanya gan.
    1. Beberapa bln ini stang mulai terasa goyang atau ga balance apalagi kalo lwt jalan yg ga rata, berasa kaya peleknya udh peyang tp stlh sy cek peleknya ga masalah, apa itu komstirnya ya gan yg sdh hrs diganti?
    2. Lalu kalo ngerem, rem depannya berasa ga smooth atau ndut2an, masalahnya dmn ya gan?

    Terimakasih banyak sebelumnya gan.

    BalasHapus
  8. @luthfan hadyan: sori gan baru bsa bales.. ane baru buka blog lagi hehe
    Ane coba jawab gan
    1. Itu dlu pernah ane rasain juga gan.. tiap kena speedtrap ato polisi tidur yg kecil2 itu.. motor trasa oleng dan goyang..
    Coba agan teken2 setangnya smbil di rem depan.. klo bunyi jedug2.. brarti komstir hrs diganti atau stel ulang gan

    2. Kemungkinan di piringannya udh gk rata/ kemakan atau piston kalipernya udh hrs di servis, bsa juga krn kampas rem udh gk bagus..
    Coba minta servis rem aja.. nti skalian di cek master rem dll..

    Mudah2an bsa membantu gan

    Thx udh berkunjung gan

    BalasHapus
  9. Nambahin komen ah, ane pake dr 2009 sampe gini hari, semahal2 nya ganti spare part cuma velg dr jari2 ke racing plus ban tubless,

    Pemakaian kota jarak tempuh 30km per hari PP, dgn bensin lumayan 25rb/2 hari Shell Super.


    Kondisi sekarang cat batok kepala bener udh mulai pudar bete bgt.

    Untuk suara mesin juga betein, kadang suka ga kedengeran sm motor di depan saking halusnya. Saking halus dan sopan ane ganti klakson Denso

    7 tahun riding sm revo
    Banjir : pernah sampe nutupin knalpot dimana yg lain nyerah reva ttep berenang dengan indah GA MOGOK. Kejadian waktu jakarta lumpuh banjir lalu.

    Terbang : nyalip mobil yg ga ngasih jalan trus di depan ada gundukan tanah TIDAK JATOH. Sering terbang ini reva memang

    Yaaa puass mau ganti takut ga ada yg seenak ini dudukan tinggi, knalpot tinggi banjir hajar aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dean iyaa itu ane juga pernah terabas banjir daerah jakarta barat alhamdulillah aman gan.. padahal waktu itu ane udh deg2an soalnya hampir ngelewatin knalpot.. haha
      Thx udh sharing2 bro dean..

      Hapus
  10. Revo emang irit gan, ane PP +/- 62 KM Bogor - Lenteng Agung, cuma minum 16 k gan asli iritnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @adityasofyan yoii broo emg irit ini motor.. itu ente pake bbm apa bro?

      Hapus
  11. Sam persis plek ni revonya

    Minta sarannya ya

    1.Kok rem depan dari motor masi ga terasa pakem ya sbaiknya gimana y?

    2. Kadang kalo lagi jalan lumayan kenceng (60~80km) bagian belakang (roda blkng) seperti ngalor ngidul kanan kiri oleng² nda stabil nda jelas jalannya ... padahal kalo pas diservis teknisi nda pernah ndapetin masalah ini ...ini aneh banget penyakitnya krn munculnya bisa kadang² doank di cek karet tromol jg nda masalah (dgn catatan ketika sy nanya ke teknisi[bengkel ahass] nda satu kali tok lo jg pindah2 bengkelnya mereka nda nemuin masalahnya dimana tuh) pdhl sy berasa bahaya banget kalo pass tiba kondisi gini, sbaiknya digimana ya??

    3.indikator bensinnya aneh dari kondisi full jarum tdk gerak2 ketika mulai bgerak kekiri dikit kemudian bisa cepet banget , kalo sy hitung tiap pengisian bensin rata2 kurang lebih pemakaian 1ltr/40km ...apa indikator rem memang begitu ya?


    Maaf kalo bnyk pertanyaan

    THQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. @bro david
      1. Udh coba ganti cakramnya blm bro? Klo bsa ganti pake kampas rem yg ori aja bro.. jangan yg kw.. sama coba di servis kalipernya.. siapa tau pergerakkan pistonnya udh gk bagus

      2. Velgnya udh di cek gan? Atau bearing belakangnya udh dicek?
      Penyebabnya bsa aja dr velg ato bannya bro.. bsa juga dr shocknya yg udh gk bagus ato bsa juga bearing atau armnya.. tp klo ke beberapa bengkel gk ada penyelesaian juga.. ane juga bingung haha

      3. Kalo indikator ane rasa sh emg begitu gan.. kalo diisi full tank agak lama dan brasa irit.. tp klo udh ke kiri agak cepet
      Itu karena kalo kita isi full kan pelampungnya paling mentok gk smpe full bluber keitungnya..
      Normal kok gan 1:40

      Hapus
  12. Halo gan..klo sock belakang revo diganti ama shock suora x 2016 bisa g y?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. @putra erik
      Kalo dia diameter bos/karet shocknya sama sh harusnya bsa ya
      Tp buat lebih pastinya di cek aja gan di bengkel.. lgsung bandingin punya revo sma supra x nya..
      Dlu ane sblm ganti punya supra x 125 old gtu juga

      Hapus
  13. biaya ganti rantai keteng brpa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @wacana inka
      Sekitar 110rbu klo gk salah gan di bengkel2 non ahass ya

      Hapus
  14. Saya juga pakei revo mulai thn 2009 ,suara mesin klw masih dingin terdengar klentang2

    BalasHapus
    Balasan
    1. @krisni wicahyo
      Suara klentang2nya sebelah mana bro?
      Klo sblh kiri biasanya keteng itu

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan mau tanya serius nih gan butuh banget pencerahan. Gua pake revo absolute tapi kog bagian tarikan gasnya suka ndet ndetan, kalau pas di tanjakan yang gak terlalu tinggi pake gigi 2 kagak kuat gan. Apa aku harus ganti kampas kopling sama kabel gasnya ya gan? Udah 2 kali ane stel di ahas tp hasil sama gan

      Hapus
    2. @sabic Farkhani
      Udh setel karbu gan?
      Kalo tanjakkan motor udh loss power biasanya kampas kopling udh minta diganti gan
      Ciri2 kampas kopling minta diganti setau ane ya
      Kalo tanjakkan udh berat sama buat akselerasi stop and go juga berat

      Gas ndet2an bsa jdi cek kabel gas sama settingan karbunya gan
      Cek juga busi dan part2 yg terkait pengapiannya masih oke ato udh umurnya

      Smg bsa membantu

      Hapus
  16. revo saya tahun 2009 bulan maret,. jarang bgt jajan
    dan km spedo udah reset kembali ke nol, sekarang udah di angka 20.000 km kebayang dong :D

    tapi saat di usia yang ke 8 jajannya

    rantai keteng
    gear set
    bohlam semuanya
    kiprok
    spull
    stang seher

    bensin sukanya pakai total ,.. rasanya enak aja ketimbang super sama pertamax :D

    sukanya

    ini motor pernah jalan boncengan saat banjir gede di jakarta yang pernah lumpuh total tanpa masalah, pernah nembus jalan anjir kondisi banjir setinggi nyaris tempak duduk tapi jalan ahahaha,.. walupun ngk tahan lama, kemudian mogok :D

    dukanya

    itu shok belakang anjay bener kalo nginjek lubang kadang bikin perut mules :d

    teman2 main, teman kantor, selalu ngomong,.. ganti tuh motor udah tua,.. buat saya,.. saya nyaman naik ini, uhuii...

    berkat motor ini saya beli rumah cash dari hasil nabung selama 8 tahun hahahaha,... karena ngk banyak jajan,.. sama kalo pas parkir tidak khawatir :D

    itu aja kesan2 asolute revo yang masih saya gunain saat ini untuk harian.

    BalasHapus
  17. Salam kenal gan..sy pemakai revo 2012, prsaan sy lampu sy krg terang n gk fokus chayanya. Bohlam apa yg cocok n terang utk absolute revo 2012 ya gan? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai lampu osram 25 watt yang original jangan yang palsu yak :D,. itu bagus disegala cuaca,.. hujan atau ngk,. :D , saya udah pakai itu dari tahun 2009 waktu revo turun dari dealer

      Hapus
    2. revo memang mantap..revo cw saya tahun juli 2009 sampe sekrang lumyan lah jajan nnya mulai dari stang seher piston klep rantai ketemg dll lah..tapi dengan sedikit ubahan di pembuang gas..cukuplah dengan cc 110 standar bisa ngacir di mentok 120..😆😆😆😆

      Hapus
  18. Numpang sharing juga lah gan, motor saya sama kay punya mas nya revo abs 2010 cuman saya yg warna hitam abu", bukan merah hitam hehehe.
    Untuk jajan nya sih kemungkinan masih sama seperti yg teman" penunggang revo lain nya.
    Tapi saya masih gk habis pikir mas, revo bisa seirit honda grand astrea punya saya dulu wkwkwk. Saya perjalanan dari boyolali kota lanjut ke klaten terus lanjut lagi ke jogja dan terakhir ke semarang cuman isi bensin 1 kali keadaan full tank, saya make pertalite dengan total perkiraan jalan sejauh 230 km dari total pemakaian.
    Untuk servis saya serahkan di ahhass honda, part yg diganti masih tetap ori bukan palsu apalagi KW, namun ada tambahan box di belakang saja.
    Cuman kekurangan nya ya itu, shock belakang bikin mules kalo ada lobang yg agak dalem, kadang kecepatan maksimal bisa 95 kadang 98 tergantung medan, sama saya sering setting komstir kadang oleng kadang terlalu seret/ terlalu enak, sama satu lagi nih yg agak ngeselin lama lampu depan/utama makin tahun makin terlihat nyebar/ gk terlalu fokus ya? Atau perlu diganti bohlam yg baru?

    Makasih gan, izin sharing" sedikit dari penunggang revo abs sejati tahun 2010

    BalasHapus
  19. Gan, kalo shock depan pada ngerasain keras ga gan? Kalo mau ganti shock depan, pake merek apa ya? Ada yg pernah punya pengalaman ganti shick depan?

    BalasHapus
  20. gan ane bru beli revo bekas 2011 kasih pencerahan dong mau ganti part apa soalnya km udh 53 rb galau

    BalasHapus
  21. Mau nanya kalo knalpot revo old bisa dipake di revo fi tanpa harus ada pengubahan ke tukang las?

    BalasHapus
  22. Salam satu aspal bos
    Mau tanya selama ganti shock suora 125
    Rantai motor kena standar tengah gak?
    Ane ganti shock supra 125
    Standar tengah ane ke rantai
    Ada solusinya gak?
    Tulung di bantu infonya
    Ane Revo abs 2010

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini ane ganti pake shock supra x 125 gk ada msalah gan.. mungkin bsa di cek setel ulang rantai motornya..
      Bsa jadi rantainya kepanjangan ato kendor..

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. maaf gan mau tanya, motor saya sama persis am punya agan, warna merah hitam, mau tanya gan kalo posisi duduk udah ga senyaman dulu, itu harus ganti kulit jok, busa jok, atau satu set jok nya gan ? atau ganti shock nya gan ?? mohon pencerahannya gan ? thanks

    BalasHapus
  25. Saya juga pake abs revo 2013 beli dari baru sampe sekarang masih tokcer.
    Plusnya menurut saya setelah 6 tahun pake: Akselerasi ok, Riding position nyaman, jok empuk, mesinnya juga bandel banget, kemarin waktu masih kuliah hampir tiap hari bogor - radal terus kalo libur suka dipake ke bandung juga, malah pernah disiksa ke cianjur lewat jalur puncak dua. Gokil ini motor ga ada masalah serius sejauh ini.

    Minusnya: Komstir cepet oblak, rante keteng udah 2x ganti sekarang udah mulai berisik lagi minta ganti, rante cepet melar, sama shock belakangnya ampun deh kerasnya tapi 6 tahun pake belum pernah bocor loh.

    Yang udah pernah diperbaiki setelah jalan 110rb kilometer dari baru:
    1. Rante keteng 2x mau 3x ganti
    2. Komstir mau 2x ganti
    3. Cakram depan 1x
    4. Lampu kecil kanan kiri 1x
    5. Gearset 2x
    6. Gear speedometer 1x
    7. Kopling belum pernah ganti dari baru tapi mulai nunjukin gejala minta diganti

    Saya pake filter udara honda grand yang busa & busi iridium denso. Lari diatas 100 cingcay gan
    Itu aja yang bisa saya share, overall motor bebek 110 yang paling recommended ya ini

    BalasHapus
  26. Saya sudah pakai 10tahun.. yakin lah ini motor bisa belah mobil..

    BalasHapus
  27. saya sudah 11 tahun masih setia naik ini,.
    walaupun udah punya yang lain,..
    karena nyaman aja pakai ini kali yah :D , mau parkir ngk pusing,parkir di kunci setang atau tanpa kunci setang oke.

    banjir kemarin terobos,... mogok, lepas busy,.. keringin revonya jalan lagi,.. :D

    BalasHapus
  28. Numpang sharing gan, Revo ane lansiran 2009 udah turun mesin 2x , th 2017 di ah@ss turun mesin karena ngebul saat pagi dan kalo mesin panas, eh cuma bertahan 3 th pdhl oli g pernah telat, akhirnya turun mesin kemarin Februari 21 tp ane garap sendiri bongkar pasang plus ke tukang korter ganti piston beat oversize 100 sm papas noken plus ganti knalpot tsukigi.. wew berasa terbang" gan hehe.. top speed 120on GPS

    BalasHapus