Powered By Blogger

Selasa, 08 Maret 2011

WAWASAN NUSANTARA DAN NASIONAL

WAWASAN NUSANTARA DAN WAWASAN NASIONAL
Wawasan nusantara
 Asalnya dari bahasa jawa “ Mawas”. Yang artinya pandangan / sudut pandang
Wawasan Nasional
 Pengertian
• Wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yg telah menegara ttg diri dan lingkungannya dlm eksistensinya yg serba terhubung (melalui interaksi & interrelasi) dan dlm pemb-nya di lingk nasional, regional, serta global.
• Ini dimaksudkan utk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri bangsa. 3 faktor utama: bumi / ruang, jiwa / tekad rakyatnya, lingkungan.
 Landasannya merupakan paham kekuasaan dan teori geopolitik

A) PAHAM KEKUASAAN
Paham Kaisar Napoleon Bonaparte (abad XVIII)
Kaisar Napoleon Bonaparte (lahir di pulau Korsika, 15 Agustus 1769 – meninggal 5 Mei 1821 pada umur 51 tahun) berasal dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika, Nabolione atau Nabulione). Di kemudian hari ia mengadaptasi nama Napoléon Bonaparte yang lebih berbau Perancis. Pada masa kejayaannya, Napoleon Bonaparte menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan. Diantaranya adalah Belanda dengan diangkatnya adiknya Louis Napoleon,Spanyol dengan diangkatnya Joseph Napoleon, Swedia dengan diangkatnya Jenderal Bernadotte sebagai raja yang kemudian melakukan pengkhianatan, sebagian besar wilayah Italia yang direbut dari Austria dan Polandia dengan diangkatnya Joseph Poniatowski sebagai wali negara Polandia.
Kaisar Napoleon merupakan tokoh revolusioner di bidang cara pandang, selain penganut baik dari Machiavelli. Napoleon berpendapat bahwa perang di masa depan akan merupakan perang total yang mengerahkan segala upaya dan kekuatan nasional. Kekuatan ini juga perlu didukung oleh kondisi sosial budaya berupa ilmu pengetahuan teknologi demi terbentuknya kekuatan hankam untuk menduduki dan menjajah negara-negara disekitar Prancis. Ketiga postulat Machiavelli telah diimplementasikan dengan sempurna oleh Napoleon, namun menjadi bumerang bagi dirinya sendiri sehingg akhir kariernya dibuang ke Pulau Elba.
Paham Jendral Clausewitz (XVIII)
Pada era Napoleon, Jenderal Clausewitz sempat terusir oleh tentara Napoleon dari negaranya sampai ke Rusia. Clausewitz akhirnya bergabung dan menjadi penasihat militer Staf Umum Tentara Kekaisaran Rusia. Sebagaimana kita ketahui, invasi tentara Napoleon pada akhirnya terhenti di Moskow dan diusir kembali ke Perancis. Clausewitz, setelah Rusia bebas kembali, di angkat menjadi kepala staf komando Rusia. Di sana dia menulis sebuah buku mengenai perang berjudul Vom Kriege (Tentara Perang). Menurut Clausewitz, perang adalah kelanjutan politik dengan cara lain. Baginya, peperangan adalah sah-sah saja untuk mencapai tujuan nasional suatu bangsa. Pemikiran inilah yang membenarkan Rusia berekspansi sehingga menimbulkan perang Dunia I dengan kekalahan di pihak Rusia atau Kekaisaran Jerman.

B) TEORI GEOPOLITIK
Latar Belakang Geopolitik
• Orang dan bumi tidak dapat dipisahkan. Tidak dapat
dipisahkan rakyat dari bumi yang ada di bawah kakinya.
• Setelah membangsa orang menyatakan tempat
tinggalnya sebagai negara
• Karena orang dan tempat tinggalnya tidak dapat
dipisahkan, perebutan ruang yang menimbulkan konflik
antar manusia/individu, keluarga, masyarakat dan
negara (secara fisik maupun non fisik)
• Untuk dapat mempertahankan ruang hidupnya, bangsa
harus memiliki kesatuan cara pandang yang dikenal
dengan wawasan nasional (Geopolitik
Teori Geopolitik menurut Sir Halford Mackinder (1861-1947)
Teori Daerah Jantung (wawasan benua)
Menurut teori ini bila ingin menguasai dunia, suatu bangsa harus menguasai daerah jantung dan untuk itu diperlukan kekuatan darat yang memadai. Daerah jantung terdiri dari : Rusia, Siberia, Sebagian Mongolia, Daerah bulan sabit dalam (eropa barat, eropa selatan, timur tengah, asia selatan, asia timur) dan Bulan sabit luar (afrika, australia, amerika, benua baru




Tidak ada komentar:

Posting Komentar