kiri : Phil Knight. Kanan : Bill Bowerman Phil |
Keputusan
pembelian sepatu nike dalam keluarga
Sebelum kita
membahas faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepatu nike oleh
konsumen. Tidak ada salahnya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah
perusahaan Nike ini didirikan dan berkembang. Berikut adalah sejarah singkat
Perusahaan Nike.
Nike didirikan
oleh Phil Knight bersama seorang pelatih Bill Bowerman Phil. Cinta mereka pada
olahraga membuat mereka selalu bersama, dan mereka juga memiliki cinta kepada
teknologi sepatu olahraga dan pakaian.
Pada tahun 1962 :
Knight berhasil menyelesaikan studi, dan melanjutkan untuk berkeliling dunia.
Ketika di Jepang, Knight mulai mengimpor sepatu lari Jepang ke Amerika Serikat,
hanya dengan investasi $ 500, dia mendapat 200 pasang sepatu untuk dijual di AS,
Lalu Phil bekerja untuk Onitsuka Tiger. Ketika bekerja untuk Onitsuka Tiger,
dia berfikir bahwa akan mendapat lebih banyak keuntungan jika ia mulai memproduksi
sepatu sendiri.
"The Swoosh" sebutan untuk logo Nike |
Pada tahun 1971 :
Seorang karyawan Jeff Johnson terpikir untuk memberi nama Nike (dewi Yunani
setelah kemenangan) untuk perusahaannya. Phil Knight akhirnya memperoleh nama
untuk perusahaan yang saat ini menjadi perusahaan besar, tetapi dia juga
membutuhkan sebuah logo. Caroline Davidson, yang telah mengenal Phil ketika dia
masih menjadi mahasiswa di University of Oregon. Diminta untuk merancang logo
untuk Nike, yang terkenal di seluruh dunia dengan sebutan “The Swoosh”.
Pada tahun 1984 : Nike menandatangani kerjasama dengan pemain basket Michael Jordan, yang hingga hari ini menjadi bagian dari Nike. Beberapa model yang dikenal sampai hari ini adalah: Nike Air Force 1, Nike Vandal, Nike Air Max garis, dan Nike Air Jordans. Hingga hari ini Nike terus memajukan teknologi mereka dan membuat Nike mampu bersaing hingga saat ini dengan para kompetitornya.
Nike Air Force 1 |
Nike |
Berdasarkan data yang saya dapatkan, dapat saya jabarkan bahwa faktor yang mendorong keputusan pembelian sepatu Nike adalah dari faktor harga, kualitas, dan desain dari sepatu tersebut.
1. Harga
Harga yang dipatok untuk sebuah sepatu Nike sangatlah bervariasi
dengan kisaran Rp 350.000,- sampai jutaan. Namun, harga yang diberikan
sebanding dengan kualitas dan prestige jika kita menggunakan sepatu Nike ini. Hal
ini karena Nike sudah memiliki nama besar untuk jenis produk sepatunya.
2. Kualitas
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa Nike memiliki kualitas
yang bertaraf internasional dan tidak diragukan lagi bahwa Nike memiliki
kualitas yang sangat terjamin. Jadi dari segi kualitas ini juga mempunyai
pengaruh.
3. Desain
Fakto desain adalah faktor yang tidak kalah penting, faktor ini
yang paling menentukan saat pertama kali pembelian sepatu ini, sebelum kita
merasakan kualitas dengan menggunakannya. Desain dari sepatu Nike yang
tergolong sangat bervariasi. Mendorong remaja yang ingin tampil beda untuk
membelinya.
Trik Jitu Remi9
BalasHapusCara Jitu Remi9
Tips Curang Remi9
Trik Curang Remi9
Cara Curang Remi9
Cara Hack Sakong
Cara Hack BandarQ
Tips Hack BandarQ
Trik Hack BandarQ
Trik Hack Sakong
Trik Jitu Remi9
BalasHapusCara Jitu Remi9
Tips Curang Remi9
Trik Curang Remi9
Cara Curang Remi9
Cara Hack Sakong
Cara Hack BandarQ
Tips Hack BandarQ
Trik Hack BandarQ
Trik Hack Sakong