Powered By Blogger

Selasa, 22 Mei 2012

TULISAN 7 BAHASA INDONESIA 2


Dilema atas Pilihan dan Keputusan

Saat seseorang terjebak dengan beberapa pilihan, itu tandanya dia berada dalam dilema atas apa yang akan dia pilih nanti. Kondisi yang seperti menuntut seseorang agar dapat mempertimbangkan semua pilihan yang ada, dengan segala jenis resiko yang akan diambil.

Keputusan untuk mengambil salah satu pilihan yang ada, tudak lah mudah untuk dibuat. Berikut adalah tips yang penulis berikan sebagai sarana untuk pengambilan keputusan :

1. Buatlah tabel rencana yang akan kita ambil atau bisa juga dengan membuat tabel pilihan yang tersedia bagi kita.

2. Buatlah parameter atas apa kita mengklasifikasikan pilihan.
Contoh: keuntungan, resiko, waktu, biaya dll.

3. Urutkan semua rencana ataupun pilihan yang ada berdasarkan dari yang paling baik hingga yang paling buruk, dengan menggunakan parameter yang telah ditentukan.
Contohnya : pilihan yang mempunyai resiko paling rendah kita letakkan di urutan nomer 1, dan seterusnya hingga resiko tertinggi berada diurutan paling bawah.

4. Lalu bandingkan manfaat apa yang akan di dapat, setelah kita mengetahui mana yang terbaik, maka itulah yang akan kita ambil.

5. Terakhir bila belum menemukan apa yang akan kita ambil, tanyakan kepada teman, kerabat, atau keluarga yang bisa dan mengerti atas pilihan yang aka kita ambil.

Tips - tips yang penulis paparkan diatas, diambil berdasarkan pengalaman dari penulis saat akan mengambil keputusan yang cukup penting

NB : Dalam mengambil keputusan yang baik, memerlukan waktu yang cukup, pikiran yang matang dan jernih, kondisi badan yang fit serta lingkungan yang kondusif .

Sekian tips dari saya,

Semoga berguna dan selamat mencoba

sumber gambar :
ddfong.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar